Gallery

Gallery
Asia Leader Forum di Jepang

Kamis, 03 Maret 2011

PROFILE LP-DIKA

Sekilas Sejarah
Secara historis, Lembaga Penelitian Pendidikan dan Kajian Agama (LP-dika) Fakultas Agama Islam Universitas Islam “45” Bekasi didirikan di FAI Unisma Bekasi berdasarkan SK Dekan FAI dan Statuta Unisma Bekasi.

Visi
Menjadi Lembaga yang unggul, inovatif dan kontributif, berstandar mutu internasional, menjadi sumber informasi tentang kegiatan penelitian pendidikan dan kajian agama serta berperan aktif dalam pembangunan daerah dan bangsa khususnya dalam bidang penelitian pendidikan dan kajian agama.


Misi
Misi LP-dika adalah sebagai berikut:
1. Pengembangan SDM dan kelembagaan penelitian & kajian.
2. Mengembangkan penelitian-penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah Fakultas Agama Islam Unisma Bekasi dalam hal penelitian pendidikan dan kajian agama;
3. Pemecahan masalah pembangunan daerah dan nasional
4. Mengembangkan relevansi penelitian pendidikan dan kajian agama, meningkatkan mutu pendidikan, kebutuhan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya
5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai kader-kader umat dan bangsa yang memiliki pandangan jauh ke depan, memiliki daya saing yang unggul dalam memasuki pasar kerja serta mampu berinovasi dalam tataran lokal dan global.
6. Memberdayakan masyarakat dan umat dengan melakukan pencerahan dan pencerdasan melalui proses pengembangan ilmu-ilmu sosial dan kegamaan agar menjadi subjek dalam pembangunan daerah dan nasional.
7. Publikasi hasil penelitian dan kajian berstandar nasional dan internasional.

Tujuan
1. Mengembangkan manajemen penelitian pendidikan dan kajian agama dalam struktur organisasi Universitas yang otonom dan manajemen yang sehat;
2. Mengembangkan kualitas dan kuantitas penelitian pendidikan dan kajian agama untuk mendukung pencapaian Visi yang mampu melintas wilayah nasional, meningkatkan atmosfir akademik, dan program internasionalisasi, serta daya saing global;
3. Meningkatkan penelitian pendidikan dan kajian agama yang diarahkan kepada pengembangan, pemanfaatan, penuntasan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, budaya, sosial kemasyarakatan, dan keagamaan;
4. Memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan relevansi dan kontribusi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
5. Menyiapkan kader-kader pimpinan umat dan bangsa) melalui peningkatan daya saing yang unggul dan mampu mengeksplorasi serta mengembangkan potensi-potensi yang ada pada masyarakat.

Tugas Pokok
Lembaga Penelitian Pendidikan dan Kajian Agama (LP-dika) mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian pendidikan dan kajian agama yang diselenggarakan oleh civitas akademika FAI Unisma Bekasi baik di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional serta ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan.

Fungsi
Untuk menjalankan tugas pokok tersebut, fungsi LP-dika adalah:
1. Melaksanakan penelitian ilmiah murni dan terapan dalam bidang sosial, budaya, dan kegamaan;
2. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan untuk menunjang pembangunan;
3. Melaksanakan penelitian dan kajian untuk pendidikan dan pengembangan institusi;
4. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan/atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan/atau badan baik di dalam maupun dengan luar negeri;
5. Meningkatkan relevansi program FAI Unisma Bekasi sesuai kebutuhan masyarakat;
6. Membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan;

Strategi
Strategi Lembaga Penelitian Pendidikan dan Kajian Agama dalam pencapaian misinya adalah:
1. Pemantapan institusi, fungsi dan peran FAI Unisma dalam bidang penelitian dan kajian.
2. Pengembangan ketrampilan profesional, sikap dan perilaku SDM dalam penelitian dan kajian.
3. Peningkatan kualitas, kuantitas penelitian dan berbagai kegiatan ilmiah lain: Pelatihan, konsultasi, seminar, jaringan informasi, dll.
4. Pengembangan kegiatan kerjasama penelitian dengan instansi lain.
5. Pembinaan kualitas artikel dan jurnal secara berkelanjutan.

Program Kegiatan
BIDANG PENELITIAN
 Penyusunan dan pengajuan proposal penelitian dalam bidang sosial, budaya, dan keagamaan baik pada tingkat lokal, nasional, regional dan internasional melalui kerjasama dengan instansi lain baik negeri maupun swasta maupun yang dilakukan secara mandiri.
 Menyelenggarakan diskusi, seminar, loka karya, pelatihan pada tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional.
 Menyelenggarakan kajian, kursus-kursus ilmu-ilmu ke-Islaman:’Ulum al-Qur’an, ‘Ulum al-Hadits, Teologi Islam (kalam), Filsafat Islam, Fiqih, Ushul Fiqih, Bahasa Arab, dsb.;
 Melakukan penelitian dan pengkajian program FAI Unisma sesuai dengan perkembangan masyarakat, dunia usaha/pasar kerja.

BIDANG PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
 Mengelola Kuliah Kerja Nyata mahasiswa FAI Unisma;
 Membantu dan membina masyarakat dalam bidang sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan keagamaan dengan menyelenggarakan wilayah/desa binaan;
 Berperan aktif dalam peningkatan ekonomi umat melalui program pembinaan lembaga ekonomi Islam seperti BMT, asuransi syari’ah, koperasi syari’ah, dan lain-lain yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan syariah di tingkat daerah dan nasional.
 Berpartisipasi aktif dalam pengelolaan/manajemen masjid dan mushola di wilayah Bekasi serta ikut serta dalam kegiatan pencerahan dan pencerdasan masyarakat melalui ceramah-ceramah, khutbah, counseling, dan sebagainya.
BIDANG PUBLIKASI
 Menerbitkan jurnal ilmiah yang berstandar nasional dan internasional;
 Menerbitkan buku-buku hasil penelitian dan kajian;
 Mengorganisasi dan menyusun bahan perkuliahan berupa bahan ajar/modul perkuliahan di FAI Unisma;
 Berpartisipasi aktif dalam pemanfaatan media cetak dan elektronik seperti penulisan di Koran, majalah, jurnal ilmiah yang dikelola instutusi lain, siaran-siaran radio dan sebagainya.

Mitra LP-dika
 Kementerian Agama RI Pusat dan Daerah;
 Kementerian Pendidikan Nasional Pusat dan Daerah;
 Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat;
 Pemerintah Daerah Kota dan Kab. Bekasi;
 Majelis Ulama Indonesia Pusat dan Daerah;
 Organisasi Sosial Kemasyarakatan;
 Lembaga-lembaga Internasional seperti The Asia Foundation (TAF), USAID, UNESCO, dsb.
 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
 Dunia Usaha di Kawasan Industri Jababeka, Lippo Cikarang, Kawasan Industri Cibitung, dsb.
 Kedutaan-kedutaan Besar Negara Sahabat;
 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dalam dan luar negeri;
 Lembaga-lembaga Penelitian di tingkat Daerah, Nasional dan Internasional.

Struktur Organisasi
Direktur :Drs. H. Abdul Khoir HS, M.Pd.
Sekretaris : Yoyo Hambali, MA.
Bendahara : Neneng Fauziah, S.Sos., MM.
Miftahul Janah, SE.
Ketua Bidang Penelitian
Pendidikan dan Kajian Agama : Drs. Acep Mulyadi, M.Pd.
Ketua Bidang Pengabdian
Masyarakat : Dra. Suprihatin
Ketua Bid. Kerjasama : Dra. Rabiyanur Lubis, MM.

Profile Pengelola

Drs. H. Abdul Khoir HS.,M.Pd. lahir di Bekasi, 24 Februari 1969. Lulus S-1 dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dan S-2 dari Universitas Negeri Jakarta. Saat
ini sebagai dosen Universitas Islam “45” Bekasi. Saat ini tengah menempuh
program Doktor di Universitas Negeri Jakrta (UNJ) dan saat sebagai Direktur LP-dika.

Yoyo Hambali, MA., lahir 18 April 1976. Lulus S1 Unisma dan S2 Jurusan Falsafah-Agama ICAS dan Universitas Paramadina Jakarta tahun 2007. Saat ini sebagai dosen UNISMA Bekasi dan Sekretaris LP-dika.

Neneng Fauziah, S.Sos., MM., lahir di Bekasi, 29 Mei 1969. Lulus S1 Unisma dan S2 Ganesha. Saai ini sebagai Kepala TU FAI Unisma dan sebagai Bendahara LP-dika.

Miftahul Jannah, lahir di Kendal, 29 April 1976. Saat ini sebagai staf TU FAI Unisma dan Bendahara LP-dika.

Drs. Acep Mulyadi, M.Pd., , lahir di Cianjur, 6 Mei 1968,. Lulus S2 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Saat ini sebagai Dosen Unisma Bekasi. Di LP-dika menjabat sebagai Ketua Bidang Penelitian dan Kajian Agama.

Dra. Suprihatin, lahir 12 Desem-ber 1967, lulusan tahun 1993 Fakultas Syari’ah IAIN Sunan kalojaga Yogyakarta. Saat ini se-bagai Dosen UNISMA Bekasi. Di LP-dika menjabat sebagai Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat.

Dra. Rabiyanur Lubis, MM., lahir di Medan, 13 Januari 1960. Lulus S1 IAIN Jurusan Da’wah dan S2 LPMI Jurusan Manajemen SDM. Saat ini sebagai Dosen Tetap Unisma Bekasi dan di LP-dika sebagai Ketua Bidang Kerjasama.


Pengalaman Program
LP-dika telah menyelenggarakan berbagai penelitian, seminar dan pelatihan. Seminar dan pelatihan yang sudah diselenggarakan antara lain seminar nasional Undang-undang Guru dan Dosen, Seminar Nasional KTSP, Pelatihan (Workshop) Metode Pembelajaran Mutakhir dll. LP-dika telah mendatangkan para pembicara antara lain Prof. Ahmad Tafsir, Prof. Arief Rahman Hakim, Prof. Dr. Jalaludin Rachmat, dsb.

Alamat LP-dika
Sekretariat LP-dika di Fakultas Agama Islam Unisma Bekasi Jl. Cut Meutia No. 83 Bekasi 17113; Telp. (021) 8820385; Fax (021) 8801192.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar